Fly for NTT

Ditulis oleh Tinitis Rinowati

Ada pepatah kuno yang bilang bahwa peta adalah kitab raja-raja, juga kitab para penakluk.
Peta juga menjadi salah satu ‘kitab’ yang diperlukan dalam upaya pengurangan risiko bencana, termasuk operasi tanggap darurat yang dilakukan sesaat setelah kejadian bencana.

Salah satunya ialah peta kerusakan, yang menjadi salah satu produk operasi tanggap darurat kami. Peta tersebut kemudian diramu dengan data lainnya untuk dijadikan acuan alokasi dukungan oleh banyak pihak dalam operasi tanggap darurat. Di antaranya termasuk operasi pencarian dan pertolongan orang, distribusi bantuan material, pertimbangan penentuan lokasi evakuasi, kebutuhan tanggap darurat, juga pemulihan dini. Dengan tujuan utama dari serangkaian kerja tersebut ialah: menyelamatkan lebih banyak nyawa dan penghidupan.

Kitab semacam itulah salah satu dari karya kami, Fly for Humanity (F4H) berusaha berikan. F4H merupakan kolaborasi kami U-Inspire Indonesia dengan Sky Volunteer (bagian dari Synersia Foundation) yang dalam operasi tanggap darurat sekurangnya membawa misi:

  1. Asesmen/penilaian kerusakan wilayah & bangunan berbasis citra udara
  2. Dokumentasi Tanggap Darurat
  3. Dukungan Data dan Informasi
  4. Dukungan lainnya sesuai perkembangan situasi kondisi di lapangan

Termasuk yang terjadi pada kejadian bencana banjir dan longsor yang dipicu Siklon Tropis Seroja yang melanda 11 kabupaten/kota di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Tim F4H kembali mengudara.


Informasi kegiatan F4H dalam mengaplikasikan SETI (Science, Engineering, Technology, & Innovation) untuk tanggap darurat bencana di lokasi sebelumnya dapat dilihat di:
1. Fly for Sumedang
2. Fly for Mamuju
3. Fly for Kalsel

Saat ini berbagai elemen sedang melakukan proses tanggap darurat di lokasi-lokasi kejadian bencana. U-Inspire Indonesia dan Sky Volunteer terlibat langsung dalam membantu Tim tanggap Darurat untuk penanganan yang lebih efektif.

Kerja berbasis sains dan teknologi ini membutuhkan lintas keahlian dan sudut pandang yang perlu terus menjaga fokus dan stamina di tengah situasi pandemi. Terlebih pada situasi bencana dengan tingkat ketidakpastian yang tinggi, menambah kompleksitas kerja-kerja para relawan, yang tentu membutuhkan dukungan biaya yang tidak sedikit.

Kami mengajak #OrangBaik turut berkontribusi demi karya berbasis kemanusiaan ini.
Dukung kami mengudara, dukung Indonesia Tangguh Bencana.

Berikut adalah tautan donasinya:
kitabisa.com/flyforntt

Situational report:
Situational Report #1 (12 April 2021)
Situational Report #2 (13 April 2021)

Leave a Reply

Your email address will not be published.